Ragam  

Gedung Pusat Pencak Silat Kelas Dunia Bakal ada di Jawa Barat, ini kata Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah meletakkan batu pertama untuk pembangunan Gedung Pencak Silat kelas dunia di Kiara Payung Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang pada Senin (10/04/2023). (Foto.Istimewa).

TEROPONG INDONESIAN – Gedung Pencak Silat kelas dunia akan berdiri di Kiara Payung Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah meletakkan batu pertama untuk pembangunan gedung pusat budaya itu pada Senin 10 April 2023.

Pemerintah menargetkan Gedung Pencak Silat kelas dunia itu tuntas pada awal September 2023. Pembangunannya akan berlangsung 2 tahap dengan anggaran mencapai Rp30 miliar.

Kang Emil sapaan akrabnya, menerangkan pada awal 2023, pembangunan tahap pertama sudah dilaksanakan dengan penyerapan anggaran sebesar Rp 26 miliar. Sisa anggaran akan digunakan tahap kedua.

Pembangunan Gedung Pusat Pencak Silat di Sumedang itu sebagai upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menjaga keberlangsungan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang UNESCO tetapkan pada 2019. Apalagi, banyak orang mengenal Jawa Barat sebagai gudang atlet prestasi pencak silat kelas dunia.

Maka dari itu, Gubernur Ridwan Kamil memiliki harapan, keberadaan Gedung Pencak Silat di Sumedang itu bisa mendorong seni beladiri pencak silat Indonesia memengaruhi budaya dunia. Seperti pengaruh Korea Selatan melalui drakor dan K-pop.

Menurut Kang Emil, pencak silat berbeda dengan olahraga beladiri lainnya. Karena Pencak Silat mempunyai 5 unsur di dalamnya;

Baca Juga :  Bazar 27 Ribu Judul Buku Selama 17 Hari Meriahkan Hari Jadi Banjarnegara ke-453

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *